Laman

12 Mar 2010

PKL at Sumatera Selatan

Wah, udah lama ga ngisi di blog ini. Cz bbrapa saat ini lgi sbuk2ny PKL(Praktek Kerja Lapangan), yg mw diadain di SumSel(hehe, skalian blik kampung). Bnyak bnget cerita yg seru2 swktu PKL ni. Mlai dari pusing, susah, mnyaksikan lngsung kondisi masyarakat d pedesaan, dll.

Sbelum kmi brangkat ke Sumsel, aq sndiri dsibukkan di seksi Pengolahan. Dpet bgian programnya. Yah, jdi hrus rela mngurangi porsi tidur deh, hehe. Tpi itu ga msalah, demi suksesnya PKL angkatan 49(sok loyal). Ksibukan di saat masih d Jakarta pun ttap brkutat msalah metode dan apalah itu namanya yang buat otak pusing. Slain itu jga aq jdi slah satu anggota Inkamp, yang tugasnya buat ngjelasi masalah konsep dan definisi pda teman2 lain, wlaupun sbagai inkamp sendiri aq, bisa dbilang nyampah lah(hehe, cz masih rada bingung sndiri dg kondef), tpi untung tman2 lainnya bsa mnutupi kkurangan itu dan alhamdulillah brjalan baik..

Cerita yang seru pun dmulai saat kmi mlai terjun ke lapangan di SumSel. Aq sndiri dapet pnempatan di Kabupaten Musi Banyuasin brsama 2 temanku yang satu cewek namanya Mardiah, dan yang satu cowok namanya Rudy. Mnurut penjelasan c, daerah yang kami dapat, medannya tidak terlalu sulit, asal bisa naik motor ja. Tpi stelah kami kesana... dmulailah cerita nya...

Pertama kali kami d antar ke desa tujuan, kami diantar oleh Pegawai Badan Pusat Statistik(BPS). Kmi mlewati jlan Palembang-Jambi, yah, itu adalah jlan yang ngubungin Sumsel-Jambi. Jdi ceritanya kami wktu itu brangkat agak sorean, jdi kondisi wktu mw sampe udah gelap. Swaktu msih d jlan Palembang-Jambi, yah, pikirannya daerahnya msih gampang2 ja. Tpi tba2 di suatu jalan mobilnya nglambat n ngidupin lampu send tanda mw belok ke kanan. Stelah ku lihat2 ga da jalan disana. Cuma ada sbuah jalan kecil yang gelap bnget. Mulai deh ga enak perasaan. Mbil pun trus mlaju kira2 5km, wah yang terlihat spanjang jalan, yah ga da yg klihatan... cz gelep banget. tiba2 terlihatlah chaya lmpu rumah2. Trnyata itu adalah kantor kepala desanya. Busyet, kantornya ja kyaknya ga prnah djamah lgi. cz udah mulai kotor dan rumput2nya udah panjang gitu. Mobil kmi pun brhenti dsana. Di depan balai desa tadi pun ada sbuah rumah. Trnyata rumah itu adalah rumah pak Kadesnya. Sbelumnya kmi udah dbilang bkalan tinggal d rumah Pak Kades. Trus kluarlah istri pak Kadesnya dari pintu rumahnya. Kmipun lngsung dsambut dan dberi minuman "Frutang", lumayanlah, buat bersihin teggorokan(hehe). Stelah itu pak Kadesnya dteng dari blakang rumah. Trus trnyata rumah tmpat kmi tinggal nnti bkan lah d rumah tsb. Trnyata pak kadesnya ada rumah satu lagi di belakang rumah tsb, kira2 msuk ke dalem 0.5km lgi lah. Akhirnya mulai hri itu pun, kmi tnggal dsana mnikmati susanan desa yang tenang n susah sinyal(hehe)..

Wah, udah ngntuk bnget nih, pdahal ada pngalaman yg sngat seru yg mw aq critain wktu mendata pnduduk d dalam hutan, hehehe. Mngkin ntar lah aq  critain lagi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar