Laman

15 Agu 2010

Smart StatMat


Gan, ane buat aplikasi nih gan. Udah lama sih sbenernya, tpi slama ni ane anggurin aja d laptop ane.
Nih aplikasi ane ksih nama Smart StatMat gan, aplikasi ini adalah sebuah aplikasi perhitungan gan. Yah, semacam kalkulator lah. Tpi ada banyak fitur d dalemnya.Kbanyakan fitur yang ada di dalemnya adalah fitur yg brguna buat perhitungan Matematika dan Statistik sederhana gan. Ane sebutin ya bbrapa fiturnya, diantaranya adalah untuk penyelesaian perhitungan operasi-operasi matematika, sigma, product, integral, matriks dan analisisnya, SPL(Sistem Persamaan Linear), graph 2D, regresi, standar deviasi, konversi nilai waktu, suhu, dan basis matematika, sampling(SRS, Stratified, Systematic, dan One Stage.

Nih tampilan utamanya gan. cuma kalkulator biasa aja gan utk tampilan utama nya. Ntu ada bbrapa nilai yg bisa dhitung, mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, sin, cos, tan, dan sebangsanya(tapi ngitung nilai sin ny pake radian gan, ane blum nmuin cara pke yang derajat), faktorial, permutasi, kombinasi, ln, log gan. Pngin dtambahin sih fungsi yang lainnya, tpi bngung mw nambahin apaan gan..


Nah klo yang sbelah kiri ini tampilan buat ngitung sigma (iterasi operasi penjumlahan) gan. Di aplikasi ini, bisa ngitung sigma sampe tiga variabel gan(x,y,z), jadi sigma nya bisa numpuk ampe 3 biji gan. Selain sigma, ada juga fitur buat ngitung product(iterasi operasi perkalian) yang juga sampe 3 variabel gan. Dan operasi buat menghitung integral gan(yg ini cuma satu lipat integral gan, jadi cacingnya cuma 1 doang).

Yang di kanan ini, buat ngbentuk grafik dua dimensi dari suatu persamaan gan. Kita tinggal masukin persamaanny, ntar aplikasi ny otomatis nggambar nya gan. Utk yg satu ini jga cma bisa buat persamaan dg variabel bebas nya x. Selain bisa di bentuk gambarnya, kita juga bisa zoom gambarnya gan. Jadi bisa lebih enak nggambarnya. Tapi mohon maaf, aplikasi ini cma bisa 2D, ga bisa 3D gan. Klo ane nemu cara nya ane update deh ntar..
Klo yang di kanan buat ngitung2 nilai yg brhubungan dg matriks gan. Di antaaranya ngitung operasi penjumlahan, prngurangan, kali,bagi, kronecker product. Selain itu juga ane nydiain fitur buat cari invers, determinan, dll gan.





Kalo yg ini buat ngitung konversi nilai gan. Di antaranya ada yg konersi suhu, waktu, dan tipe bilangan(biner, desimal, oktal, dan hexadecimal gan.

Sekian dulu gan dketerangannya. Sbenerny msih ada bbrapa fitur d dalem ny gan yg blum ane jelasin gan. Tpi bakal jadi panjang gan klo ane cantumin semuanya disini. Untuk lebih jelasnya, agan donlot aja aplikasi ny langsung di sini gan. Oh iya ni aplikasi FREE dan OPEN SOURCE gan. Jadi agan bisa donlot source code ny dsana gan(kali aja ada algoritma yg bisa jadi referensi skripsi gan, heheh). Harapan ane sih smoga agan mw donlot n cobain gan. Sbenernya di aplikasi ny msih bnyak kkurangan dsana-sini gan, dokumentasi n manual book ny pun ga ada. Tpi Ane minta saran n kritik ny gan, mngkin bisa jadi bahan evaluasi bagi ane gan.Cz ane sadar ane bnyak kkurangan gan, apalgi di aplikasi ini ada statistik ny gan. Ane msih bnyak ga ngerti sama statistik gan(tw kan UTS StatMat ane cma dapet 35 gan, hehehe). Slaen itu juga ada struktur data, metode numerik, aljabar linier, dan bbrapa jenis racun yg g bisa ane sbutin satu persatu gan yang secara ga langsung trtanam dlem aplikasi ini gan(kyak pete aja ditanam). Oh iya, ane jg blum smpet buatin buku panduan aplikasi ny gan, cz blum smpet gan. Ntar klo udah slsai ujian ane rencana ny bru mw buat gan. Mhon maaf atas ketidak nyamanan ini ya gan... Akhir kata, skali lagi ane minta d coba n evaluasi ya gan di
http://www.softpedia.com/get/Others/Home-Education/Smart-StatMat.shtml
Mkasih agan2 skalian...

15 komentar:

  1. wuiiiih ,
    hebat banget lo bit.

    4jempol deh buat kw bit.
    hohoho....hohoo...

    BalasHapus
  2. Mkasih ki, tpi masih bnyak kkurangannya ntu aplikasi ky. Trus testing ny jga msih kurang bnget. Btuh bnyak evaluasi dari temen2..

    BalasHapus
  3. bew,,,
    jadike skripsi langsung b bit,,
    jangan ragu-ragu,, ^^

    BalasHapus
  4. hehe,..
    idak yuk, cz ado rencano laen utk skripsi yuk..
    btw, donlot y yukk..

    BalasHapus
  5. Wah salut untuk kak sabit,...
    Keren kak,...

    BalasHapus
  6. ijin download gan

    BalasHapus
  7. bagus kak... ijin download ya...
    Pake apa bikinnnya? C#?

    BalasHapus
  8. saya anak tingkat 2 ks... msh newbie.

    tadi saya sedang berkunjung ke stis.web.id
    dan akhirnya mampir ke sini...

    BalasHapus
  9. oh, okeh2..
    Kayak nya minat programming juga yak??
    Semangat belajar nya..

    BalasHapus
  10. Kirimin Dong link Aplikasi Di atas.

    BalasHapus