Laman

14 Agu 2010

Sedikit Tapi Berarti..

Dulu ane prnah punya suatu pngalaman wktu kelas 3 SMA gan. Waktu itu paman ane msuk rumah sakit akibat sakit yang di idap nya. Jadi ane n keluarga jagain paman ane d rumah sakit tersebut. Hingga tibalah waktu ny paman ane harus menjalankan operasi. Stelah operasi, kondisi paman ane udah sehat kembali, hanya saja msih perlu prawatan n butuh darah utk proses pnymbuhan stelah operasi. Singkat kata, ane n sepupu ane d tugasin  buat ngambil darah di PMI gan. Dan ane sma sepupu ane pun lngsung mluncur ke TKP gan.

Singkat kata stelah di PMI, trnyata darah yg dbutuhkan stock ny udah abis gan. Jdi trpaksa pke darah ny kluarga ane yg sama golongan darah ny gan.Stelah slsai d ambil darah ny, ane n kluarga nunggu di di depan kantor ny PMI buat nunggu darah ny siap pake gan. Nah dsana ntu ada loket tmpat ngambil darah buat para orang yg udah pesen darah gan.

Tiba2 seorang bapak datang n nanya2in apakh prsediaan darah yg kami butuhkan udah ada ap blum. Kmi pun mnjawab sdah ada pak. Stelah d telusuri lebih jauh, trnyata tuh bapak mnawarkan darah milik ny n teman2 ny(para tukang becak yg mangkal di depan PMI) utk dijual. Satu kantong mreka jual kisaran 300ribu gan. Wah, serem juga yag. Ada yg jualan darah di PMI.

Ga brapa lama, ada bapak2 yg datang dg menggunakan motor. Dia terlihat sangat buru2 bnget wktu itu. Stelah mmarkir motor, tuh bapak lngsung lari ke loket pngambilan darah, n brtanya pada ptugas perihal darah yg sudah dipesannya tadi. Tpi krena kurang koordinasi atau apalah, trnyata darah yg dbutuhkan bapak ny tidak ada. Bisa disediakan tapi harus mnunggu skitar 1 jam. Muka sang bapak lngsung pucat pasih, smbari mata ny sdikit berkaca2, dia lngsung sontak mmbentak petugas. "Kan tadi sya sudah pesan bu?", tpi apa mw dikata, darah yg dbutuhkan mmang tidak ada. Lalu sang bapak brteriak n menangis di loket itu smbari berkata "Gimana nasib anakku bu, dia skrg sedang operasi n butuh darah bu...". Ane bner2 sedih liat pmandangan itu, pngin bnget ane bantu ntu bapak pke darah ane(darah ane O gan, stau ane ntu bisa donor buat sluruh golongan), tpi klopun ane donor, darah ny ane ga kan bisa dpake cpet. Pling nggak dbutuhin wktu 1 jam buat meriksa+nyiapin ntu darah agar siap pake. Ane mw nangis rasa ny klo mkirin lbih jauh gimana prasaan ntu bapak. Ane liatin ntu bapak jalan ke parkiran n pergi mngendarai motornya. Ane bner2 mw nangis ngbayangin perjuangan seorang bapak utk anak ny tercinta. Ane pun lngsung teringat dg bapak ane yg udah wafat sjak ane tamat SD gan(jadi nyambung ke bapak ane). Dulu dy sring tmenin ane priksa gigi wktu SD, dia minta izin ke guru ane buat priksain gigi ane gan, cz dy ga tega liat anak ny nangis malem2 wktu ane msih kecil gan.

Mulai saat itu, ane janji sama diri ane. Ane akan donor darah ane stiap ada kgiatan donor darah gan. Ane cma brharap itu bisa brguna utk org lain gan. Tentu saja sekantong darah kita yg sehat dan bugar ini, akan sangat bermanfaat buat orang yg sedang butuh gan...

1 komentar: