Laman

1 Agu 2010

Akibat Prinsip Ekonomiku

Tmen2 d kontrakan udah mlai bincang2 nih tntang rencana pulang kampung. Klo dnger2 msalah plang kampung, ane jdi inget apa yg dlu prnah ane alamin. Pngalaman pahit tpi kocak d dlam sbuah bis.

Jdi wktu itu adlah pertama kali ny ane plang kampung k Palembang dari Jakarta. Krena msih blum ngerti bner, jadi ane mnta tmenin tmen utk beli tiket bis nya. Wktu itu ane mw cari bis yg murah meriah lah. Nah, wktu itu terlihat di suatu loket yg nama ny BIS UD*Y*N* hrga tiket yg dtawarkan bner2 murah, AC lagi. Wah, lngsung deh, ane pesen.
Tibalah saat hari pmberangktan. Ane dsuruh dteng jam 3 kurang, cz bis ny bkal brangkat jam 3. Ssampe ny ane dsana. "Mbak, bis yg ke Palembang jam brapa brangkat ny mbak?". Dijawab sma mbak ny "Oh, yg k Palembang brngkat jam 5.30 mas". GUBBBRRRAAAAKKK!. "Lah, kmarin kan, dbilang jam 3 mbak?". Mbak ny lngsung jwab "Oh, jam 3 itu utk bis yg non AC mas".  Wduh, ini nih, akibat ksalahan sstem informasi(lebay), ane deh yg jadi korban. Yaudah deh, ap boleh buat, ane tungguin deh tu bis smpe jam 5.30. Stelah mnunggu skian lama, tibalah saat ny brangkat, dan JREEEEENGGG... Ternyata bis yg dinaikin ga ssuai dg foto bis yg ada d loket. Di loket foto ny bis yg besar, n ada WC nya. Tpi bis yg dinaikin bis kecil n ga ada WC ny. Tpi ttep terima deh, cz dia ga bhong klo bis ny ada AC. Nah, yg buat lbih jengkel, trnyata bis yg ane naikin ini adalah bis yg brenti2, alias suka ngetem(kyak angkot aja yah). Waduh, jdi bner2 lama tuh wktu nya. Nah, se iring jalanny waktu pun, bis pun sdah mlaju kencang d tanah Lampung. Mulai deh gelisah. Ane mlai mw kencing nih. Tpi mw kencing dmana coba? Ga ada WC d bis nya. Mana ga brenti2 lagi bis ny buat ngencing/makan dlu. Ane tahan aja deh, busyet, bner2 deh. Ane trus berdoa kpada Allah utk di kuatkan dri ane mnahan kencing, cz bner2 udah kbelet, smpe2 klo ane gerak dikit aja rasa ny sakit banget gan. Ane tdurin jga ga bisa, muka ane aja udah pucet bnget wktu itu, dan hal ini brjalan smpe  skitar 2 jam gan. Akhir ny bis ny brenti juga buat makan. Lngsung deh ane NGGGAAAACCCIIIIRR ke WC umum buat kencing. Ga pduli gmana bntuk WC ny, mw di intip org jg gapapa deh, yg pnting ane lega. Klopun d WC itu trtra tulisan WC bayar 20.000, ane bayar deh. Udah deh, stlah itu jalan lagi deh. Eh, baru jlan 1/2 jam, tiba2 bis ny brenti lagi d sbuah RM, lah, bru aja brenti kok brenti lagi c nih bis? Wduh, trnyata sopir ny mw buang hajat gan. Sompret, knapa g dari tdi aja mas? Wduh, mikir positif aja deh, mngkin mas ny sakit perut gara2 makan di RM sblumnya y gan. Udah deh, smbil nunggu tuh mas2 bertapa, para pnumpang jga pda kluar kan, sumpek sih d bis. Stelah mas sopir ny balik, bis pun brangkat deh, stlah udah skitar jalan 1/2 km, kjadian lagi deh. Ternyata ada seorang ibu dg anak ny yg tertinggal d RM tadi. Waduh, tuh kernet lngsung deh di omel2in sma sopirnya, dy ga ngitung sih soal ny. Bis pun lngsung blik arah deh ngjemput ibu2 tadi, langsung tuh ibu ngomelin sopir n kernet, tpi sopir ny ga mw kalah, dy mlah blik ngomel gara2 ibu ny main jauh bnget. Udah deh, stelah itu smpe d Tanah Sumatera Selatan dan kjadian nahan kencing pun trus brulang. Ane pun sempetin dri kencing klo bis ny brenti buat makan, isi bensin, n ngetem. Akhir ny bis ny smpai d Palembang bner2 sangat telat dri bis2 biasanya. Dan saat mw mninggalkan bis, ane lngsung ngucapin "Terima Kasih ya mas" ke sopir n kernet nya. Tpi d dlem hati ada sambunganny, "Terima Kasih ya mas, atas pengalaman berharga ny. Kalian udah ngajarin kepada ane tntang dampak mnerapkan prinsip ekonomi".

Jadi ksimpulannya ilmu yg ane dpet dri kampus, ga slama ny bisa mmprmudah kerja manusia. Tpi wktu ane kuliah, trnyata ane baru nangkep ada sbuah ilmu yg blum ane terapin d kejadian tadi, yaitu prinsip kepuasan maksimum gan. Apakah itu? Silahkan cari sndiri d Ekonomi Makro gan. Dlu ane diajarin bapak Muchlis Husein msalah itu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar