Laman

2 Sep 2009

Perang Dunia II

Perang Dunia II(PD II) yang pada saat itu membawa dunia pada situasi kekacauan di dunia ini terjadi pada 1 September 1939 sampai 14 Agustus 1945. Tapi ada juga asumsi yang mengatakan bahwa PD II dimulai pada 1 Maret 1937.PD II sendiri adalah perang terdahsyat yang pernah terjadi, dimana perang ini memakan 50 juta jiwa tewas.
PD II sendiri dimulai saat Jerman malakukan pendudukan di Polandia, dan berakhir saat Jepang menyerah kepada Amerika Serikat saat Jepang di bom dengan bom atom oleh Amerika Serikat.PD II sendiri terjadi di tiga benua, Asia, Afrika, dan Eropa.
Beberapa perang yang terkenal di PD II ini yang terjadi di Asia adalah sebagai berikut:
1. Pearl Harbour(7 Desember 1941)
     Pada peristiwa ini angkatan udara Jepang menggempur habis-habisan Pearl Harbour, pangkalan laut AS terbesar di Pacifik. Selain itu Jepang juga menyerang pangkalan udara AS di Filipina.Setelah aksi ini, Jepang menyerang koloni-koloni Inggris dan AS guna menguasai Hindia Belanda.

2.Invasi Hindia Belanda(1942)
   Invasi ini diawali Jepang dengan menyerang Labuan, Brunei, Singapura, Semenanjung Malaya,Palembang, Tarakan, dan Balikpapan yang merupakan daerah sumber minyak.Setelah peristiwa itu, sekutu memindahkan basisnya ke Australia.Setelah itu Jepang terus melanjutkan serangannya ke Pulau Jawa.

3. Laut Coral, Port Moresby, Midway, Guadalcanal.(1942)
     Selanjutnya Jepang melanjutkan serangannya ke daerah Port Moresby , Papua Nuginie, Midway, Guadacanal. Namun pada serangan ini, Jepang dapat dikalahkan oleh pasukan Sekutu. Empat kapal induk Jepang yang tak dapat digantikan oleh Jepang berhasil dihancurkan. Sementara AS kehilangan satu kapal induknya. Ini merupakan kemenangan besar bagi Sekutu, sebab bila Jepang berhasil menginvasi wilayah ini. Maka Jepang dapat saja meneruskan serangannya ke Australia.

Pada Akhirnya Sekutu berencana keras untuk merebut kembali daerah-daerah kekuasaanya yang telah direbut oleh Jepang. Pada akhir rencana itu, AS melepaskan dua bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki. Serangan bom itu benar-benar meluluh lantakkan Jepang. Jepang pun akhirnya menyerah tanpa syarat pada AS pada tanggal 14 Agustus 1945.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar