Laman

18 Feb 2011

ASP.NET MVC 2 vs ASP.NET MVC 3(Razor)

Beberapa waktu lalu framework ASP.NET MVC 3 telah hadir untuk dicicipi oleh para developer ASP.NET. Salah satu fitur yang ditunggu-tunggu dari ASP.NET MVC 3 ini adalah view engine razor yang sudah digembar-gemborkan oleh banyak orang selama ini. Karena cukup penasaran, akhirnya tadi iseng-iseng saya install framework tsb di laptop saya(baru install setelah udah lama terbit). Dan hasilnya, woow.. coding makin singkat dan cepat..

Baiklah, mari kita intip sedikit perbandingannya dari sisi coding dengan view engine aspx yg sudah ada sebelumnya. Ya ya ya, karena memang saya belum mendalami secara dalam, maka saya hanya membandingkan dari sisi kemudahan dan kesimpelan codingnya saja. Untuk kemudahan membandingkan, saya akan membandingkannya menggunakan ASP.NET MVC 2 dengan menggunakan view engine aspx. Kenapa ASP.NET MVC 2?? Karena saya lumayan banyak ngertinya ya pake ini ^^, selain itu kalo ngebandingin pake yang ini, saya ga perlu coding, cukup ngebandingin coding bawaan dari visual studio nya.. :D

Setelah saya bandingkan keduanya dengan melihat hasil coding nya, berikut hasilnya
(Code dibawah ini adalah code yg sudah men generate code html dari master page nya):

ASP.NET MVC 3(Razor)



ASP.NET MVC 2:




Dan keduanya akan menghasilkan tampilan seperti berikut:

Dari sana keliatan kan siapa yang lebih enak digunakan? So, kenapa tidak mencoba untuk beralih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar