Laman

13 Jan 2011

Atas Bawah

Bbrapa hari yg lalu saya bantuin temen mecahin masalah programnya yg error. Dan anda tahu apa yg mnybabkan ntu program error???  hanya sebuah tanda koma(,)...

Masih terekam jelas d otak saya, swaktu SMA bener2 jrang belajar, n waktu ujian, you knowlah apa yg harus dlakukan ..... Nyontek(dulu blum idealis sih,.... skrg juga ^_^). Kbetulan waktu itu duduk brsebelahan ama temen yg baik+++pinter. Dan yg pling mngejutkan saat pembagian raport adalah pringkat saya lbih besar daripada teman saya yg baik+++pinter tsb. Bukan main sneng nya, tpi jadi nggak enaklah sama temen yg baik+++pinter tsb. Dia yg mati2an nanem, saya yg nikmati hasil panen. Dan trnyata Tuhan ga tdur, pada satu semester saya menjelma jadi siswa yg cukup rajin(udah kpikiran masa depan n mati) n ada teman saya nyontek sama saya. Dan ketika bagi nilai, saya mlihat knyataan teman yg nyontek sama saya lbih gede nilainya dari saya, hikz.. sabar.. Hal pertama yg saya pelajari dari kasus tsb adalah, orang pinter bisa kalah oleh orang licik. Kedua, berharaplah dan berdoalah mood guru/dosen anda lagi bagus saat meriksa kertas ujian anda(mreka jga manusia kok, punya emosi jga). Ketiga, ga selalu yg kita usahakan menuai hasil setara dg itu, cz Tuhan pasti ngasih yg terbaik, bukan ngasih yg kita inginkan. Ke empat, manusia hanya berusaha, tapi Tuhanlah yg mnntukan (bukan brrti kita harus pasrah ya).

Mari kita pikirkan, gmana jadinya klo mahasiswa MTK, teknik, statistik, ga lulus skripsi gara2 salah nulis angka di tengah perhitungan rumitnya yg ngabisin tiga lembar kertas utk rumusnya? atau terjadi ksalahan angka pada rancangan/laporan anggaran yg berkaitan dg hidup orang bnyak?  atau seorang siswa SMA yg ga lulus gara2 lmbar ujiannya kecipratan keringetnya sndiri shingga ga kedetect wktu scanning?

Berangkat dari masalah tersebut(gaya tulis proposal mode on), God, give me strength.... Saya ga kbayang klo suatu saat pikiran saya dtutup oleh Tuhan shingga 1+1 pun saya ga tw jwabnya. Ato hati saya dibutakan shingga saya beralih jadi maho(jngan sampe deh, wuueekk). Ato diplesetin tangan saya waktu ngetik program shingga ga nyadar klo ada yg salah. Okeh, Kalo msalah kemampuan, Dia(Tuhan) udah ngsih yg terbaik utk saya sperti tampang, otak, harta, dll walaupun emang ga bisa saya sombongin krena emang pas2an. Tpi saya uda sangat bersyukur krena Dia uda ngasih yg terbaik dari yg terbaik utk saya. Dan saya pun ga akan ngeluh dg yg dkasih, saya pun ga minta dtambah kapasitas tampang, otak, harta saya. Tapi God,  berilah saya  kekuatan, kekuatan begadang buat ngerjain tugas(maaf emak ku, bner2 terpaksa saya langgar nasehatnya krena tugas numpuk), kekuatan mental saat dibantai dosen, kekuatan nahan lapar, dll. Beri saya kekuatan dan izinkan saya mengembangkan kapasitas diri saya dg kekuatan saya sendiri dan tentunya izinMu...

Nah, maka atas dasar apa kita mnjadi sombong dan yakin 100% tntang berhasil mlakukan ssuatu? toh, smuanya ga lepas dari andil Tuhan. Mau sombong tampang yg cakep? apa ga ngaca sama nabi Yusuf, dimana para maho pun MUPENG ngliatnya. Sombongin harta? Bakrie aja ga ada apa2nya sama Qorun yg anak kunci gudang hartanya aja d tenteng berpuluh2 unta. Sombong dg otak yg jenius? bisa ga buat doraemon?. Sombong otot? master Limbad aja mati klo sama macan. Sombong nyali? mbah maridjan aja ga sombong tuh brani dg merapi. Ato mw sombong dosa? klo yg ni no comment dah.. hehe..

Yg jelas di atas langit masih ada langit. Tengok lah ke atas sbg motivasi, dan tengokla ke bawah agar kita ingat utk bersyukur. Dan jngan lupa sertakan Tuhan di setiap langkah dg cara berdoa. Kan udah jelas di ajarin waktu SD  "usaha harus diiringi dengan apa anak2??"  "DOA  ibu guru"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar