Laman

16 Jan 2011

Ritual Mahasiswa

Badai skripsi, bom waktu kompre, ancaman ujian, dan banyak lagi tugas lainnya. Yak, hal-hal tsb lah yg menyatukan saya dan teman2 sesama komplak saya untuk saat ini. Disaat mahasiswa lain bisa tdur nyenyak di waktu malamnya, kami malah begadang "produktif" menghasilkan pemikiran2 sableng. Gimana nggak begadang mengingat balada deadline aja udah kayak anjing ganas yang seolah ngomong "kalo lo kagak lari ya gua gigit tu pantat ampe robek". Daripada nih pantat robek digigit, kan mendingan kaki aja yg pegel berlari.

Sbenarnya begadang dan ga tidur semalaman sendiri adalah hal yg amat sangat biasa sejak saya SMA, bahkan tingkat 2 dan 3 pun saya masih terbiasa tidur jam 3-5 subuh dan langsung kuliah jam 07.30. Tapi saat awal tingkat 4, terjadi percakapan lewat telpon antara saya dg wanita paling cantik dan baik di dunia ini:

I= Wanita paling cantik dan baik di dunia.
S=Saya

I : Bit, di deket rumah kita ada anak muda seumuran kamu yg meninggal dunia gara2 begadang terus menerus loh. Dia itu penjaga warnet dan kabarnya emang ga prnah tidur malem hari, cuma siang tidurnya. Tau ga, dia itu ga ada sakit apa2, tiba2 meninggal aja.. ternyata penyebabnya emang gara2 sering begadang itu bit. Nah, jadi mulai sekarang kamu jangan begadang lagi ya...
S: Hehe, kan itu udah kehendak Tuhan mak, kalo emang udah ajal sih, mau mati ya mati aja mak, ga bisa dihindari..
I : Naah ini anak, kalo dibilangin ngelawan. Pokoknya jngan begadang lagi!
S : Tapi kan saya mau skripsi mak, perlu banyak begadang lah..
I : Hmm, ya pokoknya di usahakan jangan pake begadang... Klo emang mau begadang itu kamu tidur jam 9an, trus bangun deh jam 1-3malam. Klo gitu gapapa.. Sekalian juga shalat tahajud..
S: Yah, saya ga bisa mak kayak gitu. Pasti kebablasan tidurnya..
I : Pokok ny diusahakan jangan begadang. Jam 9-10 ntu kamu harus udah tidur..
S: Yah mak, jam segitu sih waktunya saya keluar cari makan mak. Lagian di Jakarta jam segitu masih rame, ga bakalan bisa tidur mak..
I : Hmm, ya pokok ny jangan malem bnget tidurnya nak..
S: Iya mak, okeh2.. hiks...
I : pinter..

Sejak saat itu pun saya udah ga pernah begadang lagi sampe pagi, kecuali krena emang terpaksa atau ga bisa tidur. TAPI tidak untuk beberapa hari terakhir(maaf mak, saya terpaksa ngelanggar), queue tugas ga terelakkan lagi. Melayani nafsu dosen utk menyelesaikan proposal skripsi  dan deadline tugas lainnya, memaksa saya dan teman saya harus melakukan ritual ini. Kontrakan saya sendiri yg dipilih sebagai basis kumpulnya, dimana di kontrakan ini lah kami akan melahirkan sebuah teori yg akan dijadikan acuan oleh mahasiswa2 MIT, Oxford, dan sluruh mahasiswa dunia lainnya. Serta sebuah teori yg akan diperbincangan di konferensi2 ilmuan seluruh dunia, amiinn (ngimmpiiii!!), hehe..

Saya tahulah tidak sedikit teman2 yg juga jarang tidur di malam harinya. Tapi percaya lah, begadang krena game, nonton film, ngenet, gak ada apa2nya dibandingkan dg begadang ngerjain tugas. Begadang ngerjain tugas akan sangat melelahkan. Nggak usah begadang deh, coba aja anda baca buku2 pendidikan pancasila atau buku apalah yg membosankan, saya yakin menahan tidur dalam waktu 1 jam saja akan terasa berat bagi anda, apalagi semalaman. Dan begadang sukarela dan terpaksa jelas sekali siapa yg lbih melelahkan..

Walau dikejar deadline sadis, tapi kami tetaplah manusia, bukan robot yg bisa bekerja tanpa henti. Sejujurnya, waktu efektif kami bediskusi mengenai tugas kami mungkin tidak sampai 50%, sisanya ngobrol ngelantur. Wanita, cinta, film, gosip2 kampus, dan berbagai hal lainnya adalah topik yg kami bicarakan di sela2 tugas kami. Tapi jelas, tugas tak akan kami lupakan.. Pokoknya tugas harus selesai.. Berikut beberapa dokumentasi kami (selamat memiringkan kepala, "jadi inget ariel")

Mentok

Mesranya..


Henshin!


Baru bangun
Untuk emak saya, maaf saya ngelanggar mak. Kalo ga ada tugas, saya janji deh akan tidur sebanyak2nya semampu saya...

1 komentar:

  1. kemaren katony ta cewek paling cantik sedunio..
    kok skr jd emak??
    iiss pembohong..

    BalasHapus