Laman

6 Des 2010

Bacalah petunjuk soal sebelum kamu mengerjakan!

Judul di atas adlah hal yg harus kita pahami betul saat ujian. Tidak sdikit loh yg nilai ujiannya ancur lebur gara2 ksalahan teknis sperti itu, termasuk teman kontrakan saya hari ini, Mohamad Jufri(bagi Jufri, maaf diumbar aibnya, hehe). Tepatnya 06 Desember 2010, pukul 16.00. Saya n smua teman2 angkatan49 UTS Sistem Informasi Geografis. Yah, namanya aja yg sistem, tapi isi kuliahnya menghafal smua om -_- . Soalpun dibagikan, dan tepat di atas soal pada lembar ujian tsb tertulis kalimat berikut "Kerjakan beberapa soal dibawah ini dengan total nilai maksimal 100. Jika total nilai lebih dari 100, nilai akhir akan dikurangi dengan kelebihannya". Jelas smuanya? Yak, dan setelah dihitung2, jumlah seluruh nilai yg ada adalah 150.

Naas nian bagi Jufri, dia hanya membacanya sepintas n tidak menelaahnya lbih jauh. Yah, sperti kita tahu semangat para mahasiswa yg "Mengharap upah nulis"(saya jga termasuk) shingga bagaimanapun caranya, minimal harus diisi lengkap lembar jawaban. Jufri pun dg semangat menjawb semua pertanyaan yg ada, pena pun tak henti menggerus menodai kesucian lembar jawabannya hingga ternoda dg sangat.Ujian slesai dan akhirnya pulang..

Berikut cuplikan percakapan di kontrakan selepas UTS:
J=Jufri, I=Ilham, S=Saya, Ju=Juned

J=Gimana tadi lam? Kw isi smua?
I=Hah? nggak tuh, ntar dkurangin dong klo ane isi smua.
J=maksudnya?
I=Loh, emang ente nggak baca, kan klo point ny lbih dari sratus dkurangin tuh nilai akhri kita dg nilai lebihnya?
J=(mikir...)Oh, kamu salah lam. Mksd nya itu akan dikurangin jadi nilai maksimumnya.. Jadi misalnya ane dapet 120, ntar nilai ane dbuleti jadi 100. Cz kagak mngkin ada nilai 120. Tapi klo dapetnya 90, ya tetep 90..
I=Ah, nggak pri. Mksd ny itu nilai akhirmu akan dkurangin dg nilai lebihmu. Misal nih, klo ente dapet nilai 120. Total point yg ente jawab 150. Berarti nilai ente 120-50=70. Geeetooohh..
J=Ah, masak sih? nggak gitu kok.
I=(agak ragu)nggak tw jga sih, klo mnurut ane gitu. Agak rancu yak.
S=(keluar dari kamar)Nggak pri, yg kek kata Ilham yg bener. Enak banget klo metodenya kek kata punya ente. Dosen psti nggak seneng lah klo ada mhasiswa yg jawab kelebihan, itu tandanya ntu mahasiswa ragu2, dan itu buat kepala dosen pusing waktu ngoreksi pastinya.. apalagi klo tulisannya jelek abis n jawabannya panjang amir..
J=(pucet+keringetan,..)hmmmmm, masak sih..(lngsung ambil tas n melihat kembali perintah di soal)
J=Wadduuuuhhh, iya ya. Aduh, gmana nih, ane isi smua lagi.(tambah pucet)
S=(tanpa dosa malah nakut2in temennya)waduh, parah jga ente. Sukur2 klo ente dapet nilai 150, total nilai ente jadi 100. Lah, gimana klo nilai ente 70? nlai ente jadi 20 Juf..
J=(mw nangis) aduh, udah ah. Ga usah dpikirin lagi. Pusing ane.
(Juned datang turun dari tangga, mw ke masjid)
I=Eh, juned. Kw tadi isi smua ga?
Ju=Nggak lah, klo ane isi smua, dkurangin lagi point ane.
(Jufri pun hanya diam sambil menyetrika bajunya, setelah shlat lngsung berpakaian rapi, sepertinya mw jalan ama ceweknya)..

Bagaimana dg teman2 STIS? Apa ada yg menjawab semuanya tadi?

2 komentar:

  1. Sepertinya bukan jupri saja yg berpikiran seperti itu,, ku juga..huhu..tp untung g isi semua,,cuman 10 nomer doank..

    BalasHapus
  2. bener kan yg saya pkir. Ada jga yg bernasib kek jupri..

    BalasHapus