Laman

2 Des 2010

Comparison Android and Windows Mobile 7

Munculnya banyak platform utk Handphone akhir2 ini, semakin menimbulkan persaingan ketat di pasaran. Hanya saja kali ini saya yang hanya seorang mahasiswa gembel ini mw coba mmbahas bbrapa perbandingan antara Android n Windows Mobile 7. Kenapa? Yah, tidak ada alasan pasti, hanya saja saya hanya tertarik pada dua hal di atas. Walaupun raksasa lainnya smacam BlackBerry, Iphone, n Symbian terbilang sangat sukses dimasanya. Namun saya hanya akan fokus utk menggali Android n WM7. Karena saya sndiri baru mencoba yg dua jenis itu sih, hehehe..

Sebelum anda mmbaca postingan ini, saya mw menekankan, saya bukanlah seorang analis yg pintar, atau developer terkenal yg telah mendalami masing2 platform tsb. Saya hanyalah seorang mahasiswa goblok yg mencoba menerawang dari sisi saya. Tak lebih bagaikan kucing kotor yg terkatung2 mencari ikan yg segar n berpetualang di restoran mewah. Maka klo mmang ada dari pembaca yg lbih mmahami n tw apa yg saya sampaikan salah, PLEASE "Correct Me If I Wrong". Silahkan bantai saya, caci maki, komentari, goblok2in, dll. Selama bertujuan utk koreksi diri n mnambah ilmu saya, saya akan sangat berterima kasih pada anda..

OKeh, saya tegaskan sekali lagi. Kalo apa yg saya bahas hanyalah secara kasar berdasarkan apa yg saya ketahui. Tentu saja bisa jadi bbrapa hal subjektivitas saya sendiri. Semua nya hanya lah analisis kacangan yg dbuat oleh makhluk hina yg bertebaran di dunia. OKeh ,baiklah...







ANDROID
 VS    
WINDOW MOBILE 7


Baiklah, sudah berapa lama ini saya mencicipi tools development android n WM7. Walau keduanya tidak saya dalami secara mendalam. Sekali lagi, ini hanyalah pandangan orang awam yg mencoba menyampaikan apa yg dia rasakan setelah mencoba kedua platform tsb. Kan tdak salah klo kita melihat dari sisi orang awam gembel sperti saya ini.

Berikut hasil dari saya:

- Android adalah karya dari Google, WM7 karya dari Microsoft(dua2nya raksasa kok, hehe)
- Android adalah open platform http://source.android.com/ sedngkan WM7 adalah closed platform
- IDE yang digunakan utk masing2 platform Android menggunakan Eclipse yg dilengkapi dg SDK Android, dan WM7 menggunakan Visual Studio 2010(keduanya dapat didownload secara gratis)
- Android dapat berjalan di semua OS utk developnya sedangkan WM7 harus dijalankan di Windows.
- Programming languange pada Android pda dasarnya adalah JAVA, tapi dapat juga dibangun dengan C#(mono). Sedangkan WM7 dibangun dg C# dan terakhir WM7 sdah bisa dibangun dg VB.NET.
- Pada android utk merancang GUInya menggunakan XML:

 Sedangkan WM7 menggunakan XAML, atau sring disebut WPF:


 - Berikut tampilan yang dihasilkan dari emulator Android n WM7 beserta perbandingannya menurut saya:
Android:
WM7:

Secara subjektif saya katakan disini tampilan yang dihasilkan WM7 lebih menarik daripada Android. Selain itu utk tahap merancang GUI nya sendiri WM7 dirasa lbih mmudahkan daripada android. Hal ini tidak lepas karena IDE yg digunakan WM7 bagi saya sdah lbih baik. Sehingga memiliki auto generate yang lebih baik daripada android. Selain itu, bagi developer2 yang telah terbiasa berkutat dengan WPF di desktop programming ataupun silverlight pasti akan sangat memudahkan mereka. Krena hampir mirip dg yang ada pda WM7.

Dari sisi kecepatan sendiri, emulator pada WM7 saya rasa jauh lebih cepat daripada emulator Android. Tdak jarang bagi programmer yang baru pertama kali mencicipi emulator android akan merasa bahwa emulator mereka mengalami error(karena kelamaan), ini dari pengalaman saya sendiri yang menemui bbrapa teman saya yg sempat panik saat pertama kali mencoba android. Tetapi proses loading emultor yg lama ini hanyalah saat pertama kali aplikasi dijalankan. Stelah itu, tidak berjalan lambat lagi kok..

Selain itu proses penginstalan SDK android tidak jarang menimbulkan kesalahan. Apalagi bagi mereka yang memiliki koneksi lemot(hal ini juga dari pngalaman saya n teman2 saya).

Selain itu dalam perancangan designnya, android menggunakan layout2, sehingga kita telah ditentukan layout dari tampilan yang akan kita buat. Hal ini baik utk mencegah kesalahan pada perancangan n diharap dapat memnuhi kaidah2 IMK(Interaksi Manusia Komputer)/HCI, tetapi hal ini akan membatasi kreatifitas developer dan sdikit mnyusahkan, krena harus mmikirkan matang2 layout yg harus digunakan. Sedangkan WM7 membebaskan kita berkreasi utk mmbuat tampilan. Hal ini mmang mmbebaskan n mmudahkan developer dalam berkreasi, namun dapat menimbulkan tampilan yg tidak ssuai dg kaidah IMK yang tidak disadari oleh developer.

-Berikut skrinsut pilihan2 aplikasi yg dapat dibuat dg android dan WM7:
Android:
WM7:

Mohon maaf klo gambar kurang jelas. Di WM7 lbih bnyak pilihan. Tapi bukan brrti itu lbih baik dari Android. Pilihan yg bnyak hanya berguna utk memudahkan developer dalam membangun aplikasinya.

- Telah kita ketahui android n WM7 sndiri adalah dua platform yg dihasilkan dua perusahaan besar sekelas Google dan Microsoft. Jelas keduanya didukung teknologi2 masing2 yang mumpuni. Hanya saja, dominasi WM7 yg diboncengin microsoft, lbih menjanjikan dari sisi dukungan aplikasinya. Hal ini karena sdah bnyaknya dan matangnya aplikasi2 yang sdah dmiliki microsoft sndiri.

- Dan hal yang paling penting adalah mengenai market:
Utk registrasi di Market WM7 kita harus membayar $100pertahun sedangkan Android $25 seumur hidup, tetapi harus membayar $20 setiap melakukan submit 1 aplikasi berbayar. Untuk lebih jelasnya lagi masalah market android n wm7 dapat andal lihat disini.

Itulah beberapa hasil pengamatan saya. Sekali lagi, please komentari jika saya salah. Mau anda bilang goblok, begok, saya terima. Tapi jngan lupa sertakan penjelasan dan koreksi utk saya disana.

Terima Kasih semuanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar