Laman

2 Des 2010

Nyampah di Kampus part 3

Saat ini pkul 13.06 siang. Saya bru saja plang dari UTS Prosim dan mendapat sms dari ketua kelas abang NASRUL SAPUTRA yang memberitahukan bahwa besok semua mahasiswa 4KS akan di interview terkait proposal skripsi. What?? disaat2 UTS sperti ini? Wokehla, saya hadapi saja deh. Daripada saya pusing mikirinnya, mending saya lanjutkan cerita cerita saya mengenai kegiatan nyampah saya di kampus STIS ini..

preambule
WARNING: CERITA INI MERUPAKAN CERITA BERSAMBUNG. SEBELUM MEMBACA POSTING INI, ANDA DIHARAPKAN MEBACA PART1 N PART2 DISINI DAN DISINI.
hihihi..

..... setelah saya mmpertimbangkan bbrapa hal, akhirnya saya makan jga itu sayur dan hasilnya.... saya tepar, terkapar, menggelepar, dan sdikit stengah sadar selama satu hari satu malam karena ternyata sayur tersebut terindikasi BASI!!!. Tak pelak teman2 ku yg sdh memperingatkanku utk tidak memakannya tertawa terbahak2 karena mreka sdah benar dalam menganalisis sayur tsb. Sedangkan teman2 ku yg menyarankanku utk memakannya karena dirasa aman................... juga ikut tertawa terbahak2, Aaarrrrgggghhhh, sontoloyo lah kalian semua ini!!

Lanjut mengenai kesampahan ku di kampus. Masih di tingkat 2. Pelajaran yang bertubi2 n jadwal+tugas yang sangat2 padat, semakin menyusahkan bnyak civitas akademi kampus(dalam hal ini mahasiswa). Apalagi mhasiswa KS yg pda hakikatnya diberi ilmu Statistik 1/2, Komputer 1/2 shingga slalu saja keteteran tiap ditanya apa aja scara mendalam. Pola tidur, makan, BAB, smakin tidak teratur sehingga badan tambah kurus saja. Inilah penampakan saya di tingkat 2, narsis dikit boleh kan, hohooho...

Tapi usaha keras yang kami perjuangkan selama di tingkat 2 pun akhirnya harus ditentukan juga. Tibalah saat2 pembagian IP dimana sekaligus tahap pengumumang apakah kami berhak melanjutkan ke jenjang tingkat 3 atau harus bertahan di tingkat 2 guna memperdalam ilmu di tingkat 2 yang mngkin blum dikuasai secara mendalam. Dan akhirnya...... Alhamdulillah, saya dan semua teman2 kontrakan saya berhasil lanjut ke tingkat 3. Sedangkan cukup menyedihkan, karena ada teman kelas saya yang mau tidak mw harus mengulang tingkat 2. Sangat menyedihkan, tapi mw bagaimana lagi, mungkin itu adalah yang terbaik utk teman saya agar dapat memperdalam ilmunya. Dan saya yakin itu adalah yang terbaik yang diberikan Tuhan kepadanya...

Yah, sperti biasa stiap naik tingkat akan ada masa lburan yg sangat panjang. Tidak akan saya ceritakan masalah lburan saya di kampung saya, karna saya mmang fokus mnceritakan tentang kesampahan saya di kampus tercinta ini. Akhirnya lburan pun selesai, kami semua mulai utk kuliah kmbali. Tentunya dg kelas baru dan teman2 yang baru. Yah, sperti smua teman2 ketahui lah. APalagi yang paling ditunggu2 mahasiswa di tahun ketiganya kuliah kecuali PKL... hoho, cerita yang sangat menarik n penuh pengalaman indah di dalamnya.

Pertama kali kami di tingkat 3, teman2 angkatan saya smuanya sibuk mmbicarakan PKL. "Dimana?", "Tentang apa?", "Gimana rasanya?". dll. Kami yg saat itu blum mndapat konfirmasi resmi dari pihak kampus pun akhirnya hanya bisa berangan2 tentang PKL kami nantinya. Tpi mari lupakan sejenak msalah PKL n beralih ke kuliah2 yang senantiasa jadi racun. And sbuah kejutan bagi saya n teman2 KS mngkin, di tingkat 3 ini kami bertemu dg orang2 hebat!! siapa lagi klo bukan dosen2 saya di tingkat 3. Dosen yg hampir semuanya mantan mahasiswa2 berprestasi pada jamannya yang kuliahnya di tempat2 top di dunia. Dosen yg terlihat masih sangat muda dari segi umurnya tapi namnaya menenteng gelar "Dr." yg mnndakan mreka tlah mnyelesaikan S3 mreka. Apalagi salah seorang dosen saya lulusan Belanda mnceritakan bahwa dia adalah murid dari TANENBAUM, WTF??? Orang yg namanya terukir di banyak buku  yg jadi acuan bnyak mahasiswa IT di dunia ini?? Benar2 mmbuat saya terkesima n sangat2 iri dg mreka smua..

Tingkat 3 sndiri saya kira saya akan mndapat mata kuliah2 yg menarik(cz bnyak tntang IT). Tpi stelah saya pelajari===>> toeng, toeng, toeng, mantul smua dah tu ilmu. Dari smua matkul IT, cuma satu yang langsng praktek coding, yang lainnya teori2 yg anda mngerti pasti bagaimana metode belajrnya, "menghapal".... Hoooaahhhmmmmm....

Sdikit yg saya kurang nyaman di tingkat 3 ini adalah, tidak tahu kenapa dosen2 saya yg sangat amat pintar ini begitu monoton dg teknologi dalam hal ini adalah bahasa pemrograman. Mreka kerap kali mendewakan "JAVA" n ada jga yg sngat anti dg produk "Mikocok". Yah, prinsip yg berbeda dg yg saya punya. Memang sih tidak smuanya, tpi tentu ini mmbuat saya tidak nyaman. Saya sndiri bukan nya tidak memiliki dasar utk lbih memilih "Mikocok" ketimbang yg lain,  tapi ya sudahlah. Saya ambil saja hikmahnya,  dg hal ini saya smakin semangat mndalami ilmu saya agar kelak saya dapat berargumen/berdebat(klo dosen saya mw ngeladenin gembel sperti saya) tntang kelebihan n kkurngan berbagai teknologi. Yah, saya ingin melakukannya apalagi dg seorang dg kelas "Dr." sekalipun..

Mari kita kembali ke msalah PKL. Yah, sperti kbnyakan anak KS lainnya, saya sndiri masuk ke Seksi pengolahan. Kenapa pngolahan?? Yah, krena ga ngerti statistik, selain itu pengolahan sndiri tenggang waktu kerjanya tidak terlalu panjang dari yg lainnya, jdi cari aman deh. hehe.. Sedangkan lokasi PKL sndiri, kami smua akan mlaksanakan PKL kami di SUMATERA SELATAN. Yah, itu adalah provinsi kelahiran saya. Saya senang mndengar kabar itu karena itu artinya saya bisa balik kampung, tapi saya jga sedih karna harapan saya bisa PKL di tempat yg belum pernah saya datangi sebelumnya.

Tingkat 3 sndiri brjalan dg amat sangat menyenangkan. Teman2 yg menyenangkan, dosen yg pintar2, bnyak Mata kuliah yg kosong, dan tentu bnyak makan gratis dari PKL. Sampai saya mnulis blog inipun, saya pastikan bahwa tingkat 3 adalah tingkat yg pling mnyenangkan bagi saya. Ilmu yg digalipun sdah lbih khusus mngarah ke ilmu IT. Nggak kek tngkat 2 dmana kami mhasiswa KS dpaksa mw nggak mw ngerti Statistik n IT, mau nangis rasanya klo inget masa2 itu, apalagi klo inget UTS statmat saya dapet 35, hikz...

Kuliah pun berjalan dg menarik n sdikit hambatan. Cma Anareg yg sdikit mnyusahkan, tpi ttap saja mnyenangkan. Dalam PKL sndiri saya masuk ke sub seksi program. Dan apalagi kerjanya klo bukan jadi Kerbau yg dperintahkan membajak baris2 coding, hikz... Bekerja di dalam lingkup organisasi yg luas(mencakup satu angkatan) n harus mnunggu2 kepastian gabungan dari pemikiran dosen2 kami, mmbuatku berlatih menjadi semakin tahan banting saja. Gimana nggak, stiap saat bisa saja terjadi revisi yg artinya semua yang kami kerjakan pun akan direvisi. Tpi sangat baik utk melatih mental dan kesiapan kami..
Stelah kami satu angkatan bekerja mati2an utk PKL ini, akhirnya diumumkan jga pembagian wilayah penempatan n tim kami..... dan hasilnya saya satu tim dg orang2 yg benar2 baru saya kenal...


bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar