Laman

28 Des 2010

Berakhirnya Balada Revisi Proposal si Pemegang Rekor.

Sbelumnya, izinkan saya mngucapkan duka yg sedalam2nya atas kkalahan TIMNAS kta INDONESIA pda leg prtama lawan laser datuk2 dan pak cik malingshit!! smoga kita bisa menang di leg kedua dan jadi juara AFF, lanjut to topic ===>>>

"KITA DATANG DGN WAJAH YG SAMA, TPI PULANG DGN WAJAH YG BERBEDA.."

yah, itulah yg saya alami slama masa pengajuan proposal skripsi. Di saat smua tman2 saya kluar dari ruangan eksekusi dg wajah senang dan riang, saya slalu kluar dg wajah garang. Saya, yak benar skali saya SABIT HURAIRA adalah mahasiswa pmegang rekor REVISI TERBANYAK di STIS utk jurusan Komputasi Statistik angkatan 49. Karna kbanyakan nyampah d kampus, jadi begini deh... Disaat smua teman2 dterima proposalnya satu persatu, saya ttap saja berkutat dg revisi2 yg ada. Iri sangat awak ni liat kawan2 awak dterima proposalnya dg cepat, mulus dan lancar. Positiv tinking adlah hal pling ampuh utk mredam pkiran buruk saya, yah saya slalu mikir "Mungkin Tuhan sayang sama saya, dan pngin saya mnggali ilmu lbih dalam lagi. Makanya saya dpaksa utk menggalinya". Walau gondok abis ni isi ati n kepala, tpi untung bisa dkendalikan guna mngambil sisi positif dari hal ini(ceramah mode on).

Coba bayangkan bila anda sedang ikut lomba lari, dimana anda bersama pelari2 yg lainnya lari dari start yg sama, lalu satu persatu pelari meninggalkan anda d belakang hingga anda pun sendirian d belakang... Woooww, sperti itu mngkin rasanya yg saya alami. Pertama kali saya mengajukan proposal skripsi, saya bersama teman2 saya memnuhi koridor jurusan, bhkan koridor jurusan sampe kagak muat dpenuhi mahasiswa yg mengantri utk di eksekusi oleh dosen. Di hari  selanjutnya koridor hanya berisi setengahnya, lalu hanya sepuluh orang yg mengantri, lalu tinggal lima orang dan akhirnya tinggal SAYA SENDIRIAN?? Jujur, mw nangis rasanya..  siapapun, plis hapusin air mata saya, hikz...

Walau galau, tpi saya beruntung punya teman2 yg baik hati dan suka mnghibur saya. Bbrapa teman menghibur saya dg  mngatakan "Mungkin topik kamu bagus bit, jadi bapak ny ngembangin terus..", "Bapak ny tertarik bit sama topik kamu, jadi dy mw ny yg bagus", "Ntar klo udah slesai proposal, jngan2 kamu udah mw slesai utk Bab1, 2, dan 3", dan yg paling parah serta mmbuat saya ketakutan "Kek ny kamu bakal dibimbing sama bapaknya deh bit, makanya punya kamu revisi terus?" WTF?? Hei hei, plizz jngan tambahkan ketakutan pda diri saya yg lgi stress ini dong.. Tpi terima kasih teman2 sdah menghibur dan mmotivasi saya..


========================================
APA SLOGANMU??
Chandra= C           Saya= S

S:chan,  kapan ya aku denger bapak nya ngomong "okeh, selamat dan silahkan LANJUTKAN!(mksd ny lanjut ketahap selanjutnya.)"?
C: klo kw sih bukan gitu ngomongnya, tapi "Baiklah, BERSAMA KITA BISA"!
S: mkudnya?
C: yah, brrti bapaknya yg akan mmbimbingmu..
S:Sompret kw chan, aneh2 aja doamu. Jangan sampe deh...
C: yah, yg jelas bpak ny ga akan blang "LEBIH CEPAT LEBIH BAIK"..
S:(bngong + mw nangis ngbayangin slogan "Bersama kita bisa")

========================================================
Okeh, saya akan mngobral cerita revisi saya sejak awal hingga akhir..

-Pertama kali ngajuin(19 November 2010):
Masuh ruangan eksekusi dan mlihat di atas proposal saya tertulis TRIVIAL. Sjujurnya pda saat itu saya tidak tahu sama sekali apa arti dari kata trivial. Lalu sang dosen pun mngatakan kpada saya "search another topic!". Whatt?? Saya pun ttap santai dan tenang(sok cool gna mmbuat gentar dosen, hehe). Lalu saya dan sang dosen pun ngobrol tntang topic saya, dosen mngatakan tidak terlalu bagus, namun saya berargumern. Dan ternyata mmang bnar ntu bapak dosen masih krang mngerti topic saya dikarnakan emang cara pnulisan saya yg krang jelas. Dan stelah bbrapa lama, akhirnya topik saya disetujui dan sang dosen minta saya perbaiki tulisan dan mnambah cakupan skripsi saya utk mnjadi solusi di STIS juga. Busyet, dtambahin nih masalah saya.

Bbrapa hari kemudian pun saya akhirnya tahu arti kata trivial yaitu TAK BERARTI,,, WTF??? Siapa coba yg ga sakit klo ide ny dbilang ga berrti. Tpi mw ketawa rasanya klo sang dosen minta ide saya yg trivial dterapkan d lingkungan kampus, hehe..

-Kedua(saya lupa tanggalnya)
Sbelumnya sang dosen minta saya implementasikan masalah saya utk STIS. Saya kira itu hanya utk implementasinya aja, jadi ga saya tulis d proposal n trnyata salah, revisi maning, revisi maning...

-Ketiga(10 Desember 2010)
Dibilang tulisan saya masih kacau, okelah klo begitu, saya terima...

-Keempat(13 Desember 2010)
Tulisan saya diperiksa smpe titik koma ny. Saya dsuruh mengkaji teknologi yg sdah ada sperti di ITB, BINUS, UI, dll. Pnulisan kata2 yg kurang tepat, dcoret2 dan dsuruh ganti. Disini nih baru kerasa agak iri ama temen2 lain yg ga ssulit ini prosesnya, disini juga saya mlai ngerasa sedikit down,  tpi ga papa deh, saya slalu ingat perkataan pak Hardius Usman "Kalo dosen kamu sering nyuruh kamu revisi, itu mungkin karena dosen kamu mw mmantapkan kamu dg topik kamu. Atau mungkin dosen kamu sayang sama kamu, sehingga mw ketemu kamu terus," priktiiiieewww...

-Kelima(21 Desember 2010)
Lihat kan selisih tanggal yg cukup jauh dg sbelumnya?? itu tanda klo saya mlai down. Saya mmaparkan teknologi yg dikembangkan oleh badan riset ITB, dan sang dosen trtarik dg itu. Akhirnya saya yg jadi korban, sang dosen mw saya buat yg mirip dg punya ITB, tentu dg konsep yg berbeda. Cakupan wilayah topik saya yg sebelumnya hanya BPS Pusat n STIS pun diperluas menjadi BPS Pusat, STIS, dan BPS Provinsi sluruh Indonseia. Dan sang dosen mminta saya mengintegrasikan dan mengkolaborasikan nya. Malah sang dosen mnawarkan saya dibimbing oleh pejabat eselon 2 d lingkungan BPS yg emang ga saya kenal. Whatever lah pak, yg jelas saya butuh pembimbing yg berwawasan mantap di bidangnya. Mw lulusan SMA klo emang bagus wawasannya, saya ga masalah kok...

Sekali lagi mw ketawa klo inget sang dosen minta penerapan topik saya yg dulu dicap trivial ini di seluruh Indonesia. Walau revisi lagi, tapi pada tahap ini saya bener2 puas. Karna sang dosen mngarahkan penelitian saya pada ssuatau yg lebih mantap dan ajib. Jadi saya mlai mlupakan down saya yg kmren dan cukup smangat kmbali..

-Keenam(24 Desember 2010)
Dsuruh perbaiki sistem arsitektur dari topik saya.

-Ketujuh(27 Desember 2010)
Sang dosen mngatakan konsep yg saya usung masih punya kkurangan, sehingga sang dosen mw mrubahnya. Walaupun saya berargumen guna mmastikan bahwa apa yg saya usung sdah tepat, tpi tidak begitu mnurut sang dosen. Okeh, saya rubah lagi, saya pelajari n saya terima usulan dari dosen saya tersebut..

-Kedelapan(28 Desember 2010)
Utk anda tahu, saya kerjakan proposal ke delapan saya brsama dg teman kelas saya Chandra Pradana yg mmang juga mngerjakan proposalnya. Yah, Chandra sndiri baru pulang jam 03.00 dini hari dari rmah saya.
Keesokan paginya, Chandra tdak masuk kuliah karena tepar belum tidur. Smentara saya sndri ttap kuliah, ga tw knapa saya bisa bangun pagi waktu itu, pdahal baru tdur jam 04.00 an. Walau chandra ga masuk, tpi dy ttap datang utk mnyampaikan proposalnya, kami pun bersama2 mnghadap sang dosen. Dan stelah saya mnghadap dosen, saya pun mmberikan rancangan yg saya perbaiki dan akhirnya "Okeh, kamu tahu kan apa yg harus kamu lakukan?". "Iya pak", jawab saya. Dan ttd pun dbubuhkan d proposal saya mnndakan dterimanya proposal saya. Yah, just enjoy.. Smentara Chandra harus mnunggu keesokan hari ny karena dosen brsangkutan sdang sibuk.

================================================




Hari ini terasa lebih terang dari hari2 sbelumnya. Tpi masih ada yg mngganjal, bbrapa teman saya sndiri masih terhambat proposalnya akibat bbrapa hal dluar rencana mereka. Tapi tetaplah semangat teman2, kita sama, sama2 sekarat kondisinya, hehe. Mintailah bantuanku, saya siap mmbantu klo saya bisa bantu dg tenaga saya. Karena saya tahu persis bagaimana rasanya..

Mungkn bbrapa teman2 branggapan "Nih Sabit lebay amat yak, baru dterima proposal aja udah posting d blog nya". Hehe, sjujurnya saya katakan, keberhasilan sperti apa yg paling memuaskan bgi saya?? KEBERHASILAN YANG PALING MEMUASKAN ADALAH KEBERHASILAN YANG KITA PEROLEH DG PENUH KESULITAN DAN PENGORBANAN, DIMANA KITA MERAIHNYA DG CARA YANG TIDAK BIASA DAN MELEWATI HAL YG LEBIH MENGERIKAN DARI ORANG LAIN. Makanya tdak saya pungkiri saya senang bkan main smpe nulis d blog kek gini. Yak, status saya sbagai pemegang rekor revisi terbanyak mngkin jadi salah satu faktor saya benar2 girang dg hal ini. Mulai dari mencari masalah d BPS, menggali ilmu, mmbuat proposal, revisi, revisi, dan revisi yg dijalani dg penuh keringat dan perjuangan tentu akan mnjadi cerita yg indah pada waktunya...

Tapi ini belum berakhir....

11 komentar:

  1. hei sabit huraira, kl diliat dr cara ceritamu + foto2mu saya menyimpulkan kl kamu anak ALAY!!!!!!

    BalasHapus
  2. Menurut pendapat saya, "Lebih baik anda mulai belajar menulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dengan tata bahasa yang resmi dan rapi. Hal ini penting sebelum nantinya anda disuruh revisi skripsi berulang kali seperti kejadian yang sudah lewat hanya karena masalah tata bahasa."

    Bit, seharusnya kamu bersyukur bisa punya pengalaman dan keberhasilan yang sangat berharga ini...
    Karena pengalaman seperti ini CUMA KAMU YANG PUNYA!
    _______________:ngacir

    BalasHapus
  3. @ta: iiihh, emang apa parameter alay?
    @lina: okeh, hehe..

    BalasHapus
  4. Saluttt,,Ttp semangat kak,,,

    BalasHapus
  5. parameter ALAY tu yo ado galo di tulisan k2k tu..

    apo lagi awalny... sabit anak ALAY!!!!!
    iiihhh cowok ALAY...

    BalasHapus
  6. samo k2k jg dak jelasnapo sayang samo ta..

    BalasHapus
  7. sapo yang mancing??

    kan emang idak jelas ngapo k2k syg dg ta..
    buktiny b k2k dk tw napo..

    BalasHapus